cuci tangan yang benar
10 Sep 2021
Kabar SRC
3 Manfaat Cuci Tangan dengan Sabun yang Tak Boleh Disepelekan

Sejak munculnya pandemi COVID-19, masyarakat menjadi lebih peduli untuk cuci tangan yang benar sebelum melakukan berbagai aktivitas. WHO (World Health Organization) bahkan telah merilis tahapan cara cuci tangan yang benar menggunakan sabun agar terhindar dari bahaya kuman dan virus penyebab penyakit, terutama virus COVID-19 yang selama hampir dua tahun terakhir menyebar di berbagai negara. 


Sebelum adanya pandemi COVID-19, harus diakui jika aktivitas cuci tangan yang benar menggunakan sabun masih belum menjadi kebiasaan. Bahkan, studi American Society for Microbiology mencatat hanya sekitar 83% orang yang cuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet umum. Penelitian lainnya dari Departemen Kesehatan Florida mencatat hanya sekitar 4 dari 5 orang yang cuci tangan dengan benar dengan sabun setelah dari toilet. Hal ini menunjukkan jika mencuci tangan menggunakan sabun masih menjadi kebiasaan yang disepelekan. 


Namun semenjak munculnya pandemi COVID-19 membuat kesadaran mencuci tangan semakin tinggi. Ternyata selain bisa menjadi langkah preventif terhindar virus COVID-19, cara cuci tangan yang benar menggunakan sabun juga memiliki berbagai macam manfaat untuk mencegah penyakit lainnya seperti:   


  • Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan bukan hanya disebabkan oleh makanan tapi juga bisa dipicu oleh kondisi tangan yang kotor sebelum menyantapnya. Bakteri dan virus pada tangan akan secara langsung masuk dalam pencernaan bersama dengan makanan yang bisa menimbulkan gejala diare dan cacingan. Bahkan, penyakit cacingan pada kondisi yang lebih parah bisa membentuk parasit yang terus berkembang biak yang mempengaruhi sistem pencernaan dan nutrisi dalam tubuh. 

Kedua jenis gangguan pencernaan ini tercatat cukup sering terjadi, terutama pada anak-anak. Untuk itu, sangat penting untuk memberikan pengetahuan cuci tangan yang benar menggunakan sabun sejak dini. Melakukan cara cuci tangan yang benar menggunakan sabun menurut WHO pun mampu menurunkan risiko terkena diare dan penyakit pencernaan lainnya sampai 59%.  


  • Gangguan pernapasan

Selain gangguan pencernaan, cuci tangan yang benar menggunakan sabun juga bisa menurunkan risiko gangguan pernapasan. Bakteri dan virus yang masih tersisa di tangan yang masuk melalui sentuhan ke hidung bisa berpotensi menimbulkan gejala gangguan pernapasan ringan hingga berat seperti batuk, dahak, tenggorokan gatal, sesak nafas hingga gejala-gejala lain yang merujuk pada COVID-19. 


Manfaat cuci tangan yang benar menggunakan sabun akan membuat sistem pernapasan yang sehat, selain itu jangan lupa juga untuk selalu menggunakan masker saat sedang berpergian kemanapun. 


Artikel Terkait
logo src

AYO Kelontong App

Aplikasi Toko Kelontong Masa Kini

chat with us icon
Talk to Us